Kelebihan dan Keuntungan Rangka Atap dari Baja Ringan

Penggunaan rangka baja ringan, merupakan hal yang belum lama ada di Indonesia, beberapa developer yang menggunakan jenis rangka atap ini, banyak mengadaptasi metode ini dari negeri sakura Jepang. Hal inilah yang mungkin mengakibatkan masyarakat Indonesia belum begitu familiar dengan rangka atap jenis ini. Akibatnya, banyak masyarakat Indonesia masih enggan menggunakan rangka atap baja ringan ini. Padahal rangka ini sangatlah cocok digunakan di wilayah Indonesia yang notabene rawan gempa.
Jika anda termasuk kedalam bagian yang belum mengetahui tentang kelebihan rangka atap jenis ini dibandingkan dengan rangka kayu, simak penjelasan dibawah ini.

Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan

  • Struktur rangka atap baja ringan yang tentunya lebih ringan dibandingkan rangka atap rumah dari kayu sebagai rangka atap rumah/bangunan. Tentunya hal ini bisa mempermudah pengerjaan dan keamanan para pekerja lebih terjamin.
  • Rangka baja atap ringan tidak akan dimakan rayap. Seperti kita ketahui, kualitas kayu yang banyak digunakan maupun yang ada di pasaran saat ini adalah kayu dengan kualitas 3 kebawah atau kurang baik. Tidak banyak lagi, bahkan sudah sangat jarang yang menyediakan atau menggunakan kayu kualitas bagus seperti kayu jati untuk membangun sebuah bangunan. Oleh karena itu, pemilihan rangka atap baja ringan merupakan hal mutlak jika rangka anda ingin memiliki usia yang lebih awet.
  • Tahan lama serta tidak mudah lapuk.
  • Baja ringan tahan terhadap karat, perubahan cuaca dan kelembaban. Rangka atap baja ringan memiliki struktur atau material yang bisa disesuaikan dengan keadaan geografis sebuah daerah. Misalkan bangunan Anda berada di pinggir laut atau pantai, maka rangka atap baja ringan yang digunakan dilapisi dengan bahan yang tidak mudah berkarat.
  • Baja ringan bersifat tidak merambatkan atau membesarkan api (non-combustible). Karena dalam baja ringan terdapat sistem proteksi khusus yang disebut fire resistance yakni rakitan sistem struktur untuk membatasi penyebaran api pada suatu daerah atau kemampuan untuk secara menerus berperan menahan struktur ketika terpapar api.
  • Baja ringan tidak memiliki nilai muai susut sebagaimana material kayu
  • Baja ringan lebih efisien dan ekonomis karena biaya pemeliharaan lebih kecil dan memiliki daya tahan lebih lama karena tidak terkena rayap dan tidak lapuk sehingga masa waktu manfaatnya menjadi lebih lama.
  • Baja ringan akan mempercepat durasi atau waktu pengerjaan suatu bangunan. Baja ringan yang sudah siap pasang tentunya akan banyak menghemat waktu pengerjaan berbagai proyek bangunan yang anda kerjakan. Bahkan sebuah rumah dengan type 36 bisa diseslesaikan dalam waktu kurang lebih 1 minggu dengan menggunakan rangka atap baja ringan.
Please follow and like us:
May 6, 2015 | Posted by in Uncategorized | 0 comments
Premium Wordpress Themes by UFO Themes